Selasa, 22 Desember 2015

Dilan oleh Pidi Baiq

DILAN oleh Pidi Baiq


Assalamu Alaikum Wr. Wb
Heyyy, sorry baru aktif nge-blog lagiii
Aku rasa semua ini karena DILAN. Hahahha
Sebelum membaca, terserah kalian mau anggap aku lebay berlebihan atau apalah. 
Itu karena kalian belum mengenal Dilannya Milea.
Pokoknya baca ajaa. Egp dengan kalian 

DILAN......

Izin yah Surayah Pidi Baiq
Ini dariku, pengagum beratmu, tentang Dilan dari Milea
Selanjutnya akan ada tentang Milea dari Dilan
Hey, aku dari sekian banyak orang yang kagum padamu Dilan
Namun bersedih karenamu Milea
Dari yang mereka bocah, remaja bahkan orangtua
Kamu tahu Dilan?
Sebagian netizen berharap kamu ada
Berbicara, mengenai milea di tahun 1990-1991 hingga saat ini
Melihat fotomu, mendengar kamu bicara, kata milea seperti mendengar Sutan Takdir Alisyahbana berbicara.
Tapi sebentar lagi tentang Milea darimu oleh pidi baiq akan segera terbit 
Sehat selalu yahh Surayah Pidi Baiq  JJ
Terima kasih Ayah Pidi Baiq, telah menciptakan karya  dari Milea untuk Dilan yang begitu indah, memaksaku hidup di tahun 1990-1991 yang sebenarnya aku-pun belum lahir. Hahhaa
Tapi sepertinya aku telah lahir ditahun itu, karena Dilanmu, karena Mileamu
Terima kasih Milea, telah memberikan pemahaman bahwa ketika kita kehilangan seseorang yang sudah begitu dekat dengan kita. Kita harus menghormati memori itu. Bukan membencinya, menjadi pengganggu, jadikanlah itu pelajaran menciptakan warisan untuk meraih kebaikan di masa depan.

Novel dilan ada dua
Yang pertama itu, “DILAN, DIA ADALAH DILANKU TAHUN 1990”

Yang kedua, “DILAN, DIA ADALAH DILANKU TAHUN 1991

Ngga ada yang ketigaaaa, yang ada hanya Novel Milea“MILEA, SUARA DARI DILAN "


Kurang lebih seperti itulah gambaran ayah pidi baiq untuk cover Milea
Belum tau, apakah ada Milea tahun 1991.

Aku mau gambarin sedikit cerita Milea yang ada pada DILAN TAHUN 1990
Jadi di novel DILAN 1990, Milea bercerita mengenai sosok dilan yang nakal, suka berantem, lucu, aneh, gila, romantis, baik, penyayang (tambahin lagilah menurutmu apa)  pokonya orangnya asikkk. hehe
Dilan ini deketin milea dengan caranya sendiri, ngajak milea kenalan dengan sok ngeramal akan ketemu di kantin, ngga tau kenapa juga dilan langsung tau nama milea, kata ayah sih waktu wawancara dengan dilan untuk penulisan buku milea, dilannya tau nama milea dari piyan, karena di warung bi eem anak-anak suka ngomongin lia (milea), waktu itu lia murid baru dan cantik, karena dilan penasaran, maka dideketinlah lia.
Dilan memberikan kejutan-kejutan kepada lia, datang kerumah lia sebagai utusan kantin, memberikan surat  ke lia yang isinya surat agar lia datang sekolah hari senin sampai sabtu dan yang turut mengundang kepala sekolah, ngirim coklat ke lia dan yang anter itu tukang koran, tukang listrik, tukang sayur, dan siapapun itu, memberikan lia TTS yang Dilan telah isi sendiri TTSnya karena dilan ngga mau lia pusing ngisinya, ngirimin tetangga lia surat sebagai pernyataan cinta dilan ke liaaa. Aduh Dilannn, aku suka kamuuuuuu.


Tepat diwarung bi eem 22 Desember 1990, mereka resmi berpacaran, tanda tangan diatas materai sebagai surat pernyataan perasaan,sesaat setelah dilan berantem dengan anhar, karena anhar menampar milea. Oh iya, dilan itu sampai ngancem kepala sekolah, kalau ada yang nampar lia, sekolah itu akan dia bakar. Hahahha dilan love youuu




Oh iya ini beberapa puisi dari Dilan untuk Milea
Juga ada surat dari Dilan untuk Milea waktu itu... JJJJJ

Dari saya untuk Dilan 1990, siapapun yang membaca tentangmu dari Milea.
Perlu kamu ketahui Dilan, mereka, termasuk aku sangat suka denganmuuuu, caramu memperlakukan lia, mencintai lia, menjaga lia, dengan hal-hal sederhana namun istimewa, bercanda namun seriusss...... aaahhh Dilaaannn, namun aku kecewa ditahun 1991
Kenapa Dilaaann, kamu dengan cepat punya pacar disaat bunda masih berduka dengan putusnya kamu dengan lia.

Oke, sekarang tentang Dilan 1991.
Mereka pacarannya romantis. Aku sukaaa, thankz ayah pidi baiq mengemas ceritanya begituu mendalam.
Jalan banteng, buah batu bandung menjadi saksi ditahun itu, sepasang kekasih yang begitu bahagia menikmati masa pacaran. 
Hingga suatu ketika, dilan, semakin hari hanya memberikan milea kecewa, dengan gangster brengseknyaaa!!! Berantem dengan kakaknya anhar hingga dipenjara selama seminggu diskors selama seminggu disekolah, membalas kematian akew, oke itu wajar mengatasnamakan harga diri dan solidaritas. Namun kau tahu Dilan, lia memutuskanmu hanya sebagai ancaman agar kau tak melakukannya lagi, lia takut kamu mengalami hal seperti akew. Waktu itu, seandainya aku jadi lia, aku tidak akan menamparmu, setidaknya tanpa banyak kata-kata, melalui air mata kamu pun akan mengerti, betapa lia sangat sakit dengan keputusanmu berantem balas dendam  dengan kematian akew.
Dilan ada apa denganmu???? Semoga dengan buku Milea, semua pertanyaan untukmu akan terjawab. 
Setelah yang pernah kau lalui dengan lia, mengapa sulit sekali dilan waktu itu kamu tidak ikutan geng motor lagi????? Sakit sekali rasanya kamu putus dengan lia, tidak ikhlasssss.
Secepat itu juga kamu punya pacar, disaat bunda masih berduka dengan putusnya kamu dengan lia.
Beruntung lia punya ibu yang sangat mengerti dia, menghibur lia disaat terpuruknya karenamu. Kamu jahat Dilan!!! Brengsekkkk!!! Menyebalkannnnnnnn!!! :’( :’(
Dilan??? Kamu nyata?Kisah ini fiksi? Hahhaaa
Aku  berharap ini tak nyata
Aku tak terima milea bersedih karenamuuuu
Aku ingin kalian berjodohhhh, di dunia tak bisa, di akhirat bisa. Tolong Tuhan.... hmmmmmmm. 
Aku harus Move on dari Dilan dan Milea, atau tak bisa tidur 7 hari 7 malam. Hahha

Ayah Pidi Baiq, aku tidak tahu perasaan apa yang aku alami disaat membaca bab-bab terakhir DILAN 1991, sangat sakitttt hati disaat lia meninggalkan bandung, jalan banteng, buah batu, dilan, wati, piyan, disa, bunda . aaahhh serius ayahh aku menangis menulis paragraf  iniiiii :’( :’( tolong beri aku sedikit pemahaman untuk berhenti bersedih setiap membaca bab itu, agar aku bisa membaca novel DILAN 1991 berulang kali. Tolong....... LLLLLLLLLLL

Recomendeed banget, novel ini kalian harus bacaa, agar mengerti bahwa kehilangan seseorang yang begitu istimewa dimasa lalu tak lantas membuat kalian harus terpuruk bertahun-tahun lamanya. Merindunya iya, namun tetap berfokus dengan kehidupan selanjutnya dan selanjutnya. Bahwa hidup harus tetap dijalani. Jadikanlah pelajaran untuk menggapai kebahagiaan dimasa yang akan datang.
Menurut lia, biarkanlah rindu itu akan selalu ada.
Teh lia, aku pengen ketemu deh, bercerita denganmu, suatu saat nanti jika Tuhan berkehendak. BANDUNG or JAKARTA, atau dimanapun itu jika teteh masih dibumi ataupun aku masih dibumi. hahhahaaa mimpi itu ngga di larang loh :p
Teh lia, Mengapa flashback-nya sebegini banget?Benar akan selalu rindu dilan? Emangnya om herdi ngga cemburu? Tegar banget sih, teh Lia yang sabar yahh
Teh lia, bolehkah aku memaki dilanmu?  Andai saja dulu dia ngga ikutan gangster brengsek itu lagi, mungkin kalian akan berjodoh, mungkin juga Novel ini tidak akan Ada. Hahahha
teteh cantik bangettttt, pantas aja pada zamannya banyak yang suka, si dilan panglima tempur aja jatuh cinta. hehehe
foto itu aku dapat dari twitter @MileaAdnan itu beneran teh Milea? entahlah J

Dilan, om Dilan? Mas Dilan? AA Dilan? Manggil apa sih? Aah terserah...
Aku suka karaktermu...
Aku jatuh cinta dengan Dilannya Milea ditahun 1990, panglima tempur gangster brengsek!!!!!!
Iya aku tidak setuju jika tentangmu dan milea di buat film.
Bakalan makin baper soalnyaaaa :’( aku suka pinjamin novel ini keteman-teman, yang ngga mau baca aku ceritain langsung.  
Aku maksa mereka untuk dia dengarrr.hahaa
Tentangmu tentang milea tentang kalian
Tau ngga tujuannya apa? Supaya bukan Cuma aku doang yang sedih yang nangis yang baperrr  tapi mereka juga. Hahaa
Dan mereka yang ngerti akan sedih nangis baper!!!!! (belum ada yang nangis sihh waktu aku cerita langsung) hehee
Hmmmm, Dilan.......Berceritalah mengenai milea sebanyak yang kau ingat.
Aku tunggu yah ayah Pidi, Milea 1991-nya. Hehehe


Ingat itu ngga Dilan, dijalan buah batu bandung. hehehehehe  L L L L L L L

Ayah Pidi Baiq, tolong untuk novel Milea berikan kejutan yang woww untuk pembaca yang bapernya ngga ketolong kayak akuu. ngerti kan?? hahaha

Oke, udah dulu yahh tentang Dilannya.  Saya rasa cukup menggambarkan Novel Dilan. Supaya lebih ngerti baca deh novelnya 
Sumber dari gambar atau cerita di atas aku ambil kok dari twitter ayah @pidibaiq (sempat ada yang mau follow,orangnya rajin ngebalas mention kok. Hehee) atau blognya ayahpidibaiq.blogspot.com, ada juga dari postingan teman-teman dari instagram. JJJ

7 komentar:

  1. Aaah, kita samaan. Aku nangis banget pas baca bab2 terakhir Dilan tahun 1991. Pokoknya dari bab Putus sampe abis, itu aku nangiiis asli! ������ Sampe sekarang kalo inget itu bakalan nangis lagi. T.T Aku ikut kebawa suasana, ikut kaya idup di taun itu juga. :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Olga Widda Amalia - iya mba, terharu banget. thx udah mampir di blog saya:)

      Hapus
  2. Semoga ada novel yang dari sudut pandang dilan ya �� aku penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Desi Fitriyani - iya mba, bakalan ada kok novel "Milea, suara Dilan" masih di tulis sama ayah pidi. Ditunggu yahh... thanks udah mampir di blog saya

      Hapus
  3. Semoga ada novel yang dari sudut pandang dilan ya �� aku penasaran

    BalasHapus
  4. Saya suka ayah pidi. Om dilan dan tante Lia.

    BalasHapus
  5. Keren ka, Update lagi dong blognya, kan udh rilis sampai bab V untuk novel milea suara dilan, hi hi

    BalasHapus

Perabot Rumah Tangga ala Skandinavia dari JYSK

( Sumber foto : Abby Onety ) Assalamualaikum, halo teman-teman , Aga kareba? Semoga sehat dan bahagia selalu ya.. Rumahku ada...